SISWA SMK FARMASI KRISTEN PENABUR MELAKSANAKAN UJIAN PRAKTIK KEJURUAN

Untuk melengkapi kegiatan Ujian Akhir bagi siswa-siswi   SMK Farmasi Kristen PENABUR – Jakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 , maka siswa-siswi  kelas XII telah melaksanakan Ujian Praktik Kejuruan ( UPK ).

Ujian Praktik Kejuruan merupakan bagian dari Ujian Nasional ( UN ), yaitu bagian dari Ujian Kompetensi Keahlian ( UKK ). Ujian Kompetensi Keahlian terdiri dari 2 ( dua ) bagian , yaitu :

  1. Ujian Teori Kejuruan ( UTK ) , yang baru akan diujikan bersama-sama dengan mata pelajaran lainnya, yaitu : Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris pada tanggal : 3 – 6 April 2017.
  2. Ujian Praktik Kejuruan ( UPK ) , terdiri dari 2 ( dua ) mata pelajaran , dan telah diujikan, yaitu :
  3. Praktikum Resep , dilaksanakan pada tanggal : 20 – 22 Februari 2017.
  4. Praktikum Simplisia dan Alat Kesehatan , dilaksanakan pada tanggal : 24 Februari 2017.

Penguji yang menguji UPK terdiri dari 2 ( dua ) Penguji , yaitu :

  1. Penguji Internal : penguji dari sekolah yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  2. Penguji Eksternal : penguji dari luar sekolah , yaitu Penguji dari organisasi profesi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ( PAFI ).

Nilai yang diperoleh dari UPK , akan digabung dengan nilai UTK  menjadi nilai Kompetensi Keahlian, dengan komposisi : 70 % nilai UPK + 30 % nilai UTK.

Bagi siswa yang telah lulus UPK , maka kepada lulusan tersebut akan diberikan Sertifikat Kompetensi , sebagai bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi pada kualifikasi tertentu , untuk bekal masuk  ke dalam dunia kerja.